DEKLARASI OPEN DEFECTATION FREE ( ODF ) TINGKAT KAMPUNG

Pembacaan Deklarasi ODF
Pembacaan Deklarasi ODF
Penandatanganan Berita Acara ODF oleh Camat Rawajitu Timur
Penandatanganan Berita Acara ODF oleh Camat Rawajitu Timur

Open Defecation Free (ODF) adalah kondisi ketika setiap individu dalam masyarakat tidak buang air besar sembarangan. Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa pada akses ini. Agar usaha tersebut berhasil, akses masyarakat pada jamban (sehat) harus mencapai 100% pada seluruh masyarakat. Sedangkan Kampung ODF (Open Defecation Free) adalah Kampung yang 100% masyarakatnya telah buang air besar di jamban sehat, yaitu mencapai perubahan perilaku kolektif terkait Pilar 1 dari 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

 

Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa pada akses ini. Agar usaha tersebut berhasil, akses masyarakat pada jamban (sehat) harus mencapai 100% pada seluruh komunitas. Keadaan ini kemudian lebih dikenal dengan istilah Open Defecation Free (ODF).Satu komunitas/masyarakat dikatakan telah ODF jika :

  1. Semua masyarakat telah BAB hanya di jamban dan membuang tinja/kotoran bayi hanya ke jamban.
  2. Tidak terlihat tinja manusia di lingkungan sekitar.
  3. Tidak ada bau tidak sedap akibat pembuangan tinja/kotoran manusia.
  4. Ada peningkatan kualitas jamban yang ada supaya semua menuju jamban sehat.
  5. Ada mekanisme monitoring peningkatan kualitas jamban.

Rabu, 16 Desember 2020 bertempat di Pendopo Kampung Bumi Dipasena Mulya telah diadakan Deklarasi Bebas ODF di Tingkat Kampung. Deklarasi ini dihadiri oleh Pemerintah Kampung,Camat Rawajitu Timur,Kepala Puskesmas Rawajitu Timur, Kapolsek Rawajitu. Setelah diverifikasi sudah 952 kk yang sudah bebas ODF. Pembacaan Deklarasi ODF dibacakan Oleh Bpk Nursit,S.H selaku PJ Kepala Kampung Bumi Dipasena Mulya. Penutupan Deklarasi ini diakhiri dengan Penandatanganan Berita Acara Deklarasi ODF.

Video Pembacaan Deklarasi ODF : https://youtu.be/WZzNWlHeY4c

Sambutan Camat Rawajitu Timur
Sambutan Camat Rawajitu Timur

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan